Bengkulu, Kirananews – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan berharap Muhammadiyah dapat terus berperan memberi pencerahan dan pembaruan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini disampaikannya saat Dinner Reception Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama peserta Tanwir Muhammadiyah se-Indonesia di Balai Kota Bengkulu, Kamis (15/2/2019) malam.

“Saya sangat mendukung Bengkulu sebagai tuan rumah pelaksanaan Sidang Tanwir Muhammadiyah. Semoga Muhammadiyah selalu berperan dalam memberikan pencerahan dan pembaruan,” kata Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan itu juga, Zulkifli Hasan menceritakan bagaimana Bung Karno mendapatkan semangat pembaruan dari tokoh Muhammadiyah saat Bung Karno diasingkan di Bengkulu tahun 1938-1942.

“Bung Karno dulu sempat terpuruk ketika diasingkan oleh Belanda di Ende, Flores, setelah itu Bung Karno diasingkan di Bengkulu, di Bengkulu inilah menemukan semangat perjuangan dan semangat pembaruan dari tokoh Muhammadiyah Bengkulu,” ceritanya.

Sementara itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan dalam sambutannya juga mengisahkan bagaimana Kota Bengkulu menjadi bagian dari lahirnya sebuah bangsa besar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dipelopori orang yang aktif di Asyiyah yaitu Ibu Fatmawati.

“Kota Bengkulu adalah kota sejarah, lahirnya bangsa ini juga tidak terlepas dari peran Ibu Fatmawati penjahit Bendera Merah Putih,” sampai Helmi Hasan.

Selain itu, Helmi Hasan juga menyampaikan gagasannya untuk membangun Sekolah Tinggi Manajemen Rumah Ibadah, khususnya manajemen masjid sebagai solusi untuk mendapatkan keridhoan dan keberkahan.

“Saya harap progam ini nantinya akan didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

Ketua Panitia Tanwir Muhammadiyah Ahmad Dasan mengungkapkan, keberanian Bengkulu sebagai tuan rumah Sidang Tanwir Muhammadiyah juga dikarenakan banyaknya pihak yang mendukung. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam semua rangkaian Tanwir Muhammadiyah. Apabila pemerintah pusat menilai Sidang Tanwir Muhammadiyah ini sukses, kami berharap diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Sidang Muktamar,” kata Ahmad Dasan.

Untuk diketahui, Sidang Tanwir Muhammadiyah yang dipusatkan di Gedung Daerah Balai Raya Semarak, Jumat (15/2/2019) pagi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. (Nov/Tri)