Jakarta, Kirananews – Setelah sempat kosong sejak 2016 lalu, kursi Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) kini resmi terisi, menyusul pelantikan Rusli Baco Dg Pallabi untuk mengisi posisi tersebut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8) pagi.

Rusli dilantik berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 66/P Tahun 2019 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021 yang ditetapkan di Jakarta pada 23 Juli 2019. Ia menggantikan Wakil Gubernur sebelumnya Sudarto yang meninggal dunia.

Sebelum dilantik, Rusli menerima petikan Keputusan Presiden itu di Istana Merdeka. Selanjutnya, bersama Presiden dan Wakil Presiden, serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Rusli  melakukan kirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara untuk mengikuti upacara pelantikan.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan tamu undangan lain memberikan ucapan selamat kepada Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Tampak hadir dalam acara pelantikan itu antara lain Mendagri Tjahjo Kumolo, Mensesneg Pratikno, Ketua MPR RI selaku Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, dan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

Rusli Baco dipilih sebagai Wagub Sulteng pada rapat paripurna DPRD, 8 Juli 2019. Ia adalah politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN). (rl)