Jakarta, Kirananews – Menurut hasil penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017, sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia mengakui bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya dan 71,7 persen pekerja, memiliki profesi yang tidak sesuai dengan pendidikannya.

“Siswa yang salah memilih jurusan kuliah akan berdampak pada ketidakmaksimalan dalam pekerjaan atau profesi yang akan digeluti, sehingga yang bersangkutan tidak dapat berprestasi dan kemampuan maupun ketrampilan yang dimiliki tidak berkembang dengan baik. Namun sebaliknya jika seseorang bekerja pada bidang yang diminati atau disukai, pastinya akan lebih mencintai dan bahagia dalam menjalankan pekerjaannya. Dampak selanjutnya, yang bersangkutan akan bekerja lebih giat dan punya rasa tanggung jawab yang tinggi,” demikian pendapat yang diungkapkan Pemerhati Pendidikan Yohana Elizabeth Hardjadinata MBA, MPd., pada acara peluncuran aplikasi Aku Pintar di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Peresmian  dilakukan oleh Drs. Purwadi Sutanto, MSi., Direktur Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, dengan disaksikan 120 siswa SMP, SMA dan SMK, beserta para kepala sekolah dan guru, serta orangtua siswa.

Purwadi dalam sambutannya menyampaikan, dampak Revolusi Industri 4.0 membawa tantangan bagi sistem Pendidikan Indonesia  dengan adanya perubahan paradigma pola pikir, pola rasa, dan pola tindak dalam berkomunikasi, bekerja, belajar, dan gaya hidup sampai budaya.

Indonesia sudah menyikapi era revolusi industri 4.0 dengan mencanangkan “Making Indonesia 4.0”, sehingga dapat memetakan posisi dan strategi dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 termasuk bidang pendidikan di Indonesia.

“Tantangan terjawab dengan diluncurkannya aplikasi Aku Pintar yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan bagi para siswa yang ragu dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya serta menjadi digital hub bagi stakeholder pendidikan (siswa, guru, orang tua, konselor, kampus) untuk berkomunikasi dan belajar bersama,” terangnya.

Disebutkan, penting bagi siswa SMP dan SMA mengetahui minat dan bakatnya sehingga kelak akan berguna dalam menentukan atau memilih jurusan maupun jenjang pendidikan selanjutnya. Sayangnya, pelaksaaan tes minat dan bakat, harus ke psikolog dan umumnya mahal biayanya. Bersyukur saat ini ada cara praktis dan sederhana untuk menentukan minat dan bakat anak. Cukup dengan mengunduh aplikasi Aku Pintar melalui handphone, niscaya dapat membantu anak untuk mengetahui minat dan bakatnya.

Aplikasi Aku Pintar telah dirilis untuk market-fit sejak akhir September 2018, dikembangkan oleh sebuah perusahaan PT. Aku Pintar Indonesia digawangi oleh Luvianto Pebri Handoko, yang akrab disapa Pebri, sebagai CEO dan Gilang Prasetya N sebagai CTO, keduanya merupakan alumnus ITS Surabaya, bersama dengan Widjaja sebagai Founder dan Sofian Lusa sebagai Co-Founder Aku Pintar.

Aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman Pebri sewaktu akan menentukan pilihan program pendidikan saat masuk bangku kuliah. Akibat dari ketidaktahuan dan ketidakmengertian akan minat dan bakatnya, Pebri memutuskan program pendidikan pilihannya hanya berdasarkan rekomendasi teman/orang tuanya. Hal inilah yang menyebabkan Pebri mengalami ketidakpuasan atau ketidakbahagian dalam menjalani aktivitas kesehariannya.

“Padahal saya ingin punya kehidupan yang sukses, yang membahagiakan di masa depan, bahagia dalam arti kata bukan hanya mendapatakan materi saja, tetapi juga bahagia menikmati pekerjaan yang saya geluti,” demikian ungkap Pebri saat ditanya alasan membuat aplikasi Aku Pintar ini.

Keunggulan utama aplikasi Aku Pintar ini adalah memberikan tes minat dan bakat secara gratis, cukup hanya mengunduh melalui handphone dan dikemas dengan tampilan menarik serta akses yang mudah dan menyenangkan. Hasil tes penelusuran minat dan bakat dapat menjadi acuan bagi siswa, misalnya siswa SMP akan memilih sekolah kejuruan (SMK) yang tepat, karena saat ini untuk sekolah kejuruan terdapat 144 pilihan.

Selain itu juga, akan membantu siswa SMA dalam memilih jurusan yang diminati, apakah jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Demikian pula, ketika para lulusan SMA akan memilih jurusan atau program studi saat akan melanjutkan pendidikan di jenjang Perguruan Tinggi.

Aplikasi Aku Pintar menyediakan materi pelajaran dan soal-soal latihan untuk kelas 7 hingga kelas 12 berikut penjurusannya secara online, sehingga siswa dimanapun dan kapanpun dapat mengerjakan soal latihan hanya berbekal handphone dan akses internet.

Disamping itu juga, aplikasi Aku Pintar dilengkapi dengan fitur pembahasan kisi-kisi soal ujian secara live tanpa dipungut biaya, bahkan siswa dapat berinteraktif langsung dengan siswa yang lain dan mentornya secara live.

Keistimewaan lainnya, Aku PIntar memiliki Fitur Cari Kampus (memuat penjelasan ringkas kampus-kampus yang ada di Indonesia), Cari Jurusan (memuat penjelasan singkat jurusan yang ada, sekaligus, apa yang dipelajari dan prospek pekerjaan dan perguruan tinggi yang memiliki program studi tersebut). Serta, fitur yang membandingkan 2 pilihan.

Seperti pengakuan yang ditulis Mohamadadli, salah seorang pengunduh yang juga seorang pelajar, ”Semenjak ada aplikasi Aku Pintar, saya jadi terbantu dan semakin semangat belajar. Dari sisi ekonomi juga sangat cocok buat kalangan pelajar yang memang belum mampu buat les di luar atau berlangganan aplikasi lain yang berbayar. Di aplikasi ini kita bisa belajar sepuasnya gratis.  Disini juga ada fitur yang keren, kita bisa tes jurusan dan tes kepribadian,” ungkapnya.

Sejak dirilis pada September 2018 sampai saat ini Aku Pintar telah memiliki 200.000 pengguna, dan akan terus bertambah seiring dengan penambahan fitur baru dan berbagai kegiatan offline yang gencar dilakukan, maka target untuk mencapai 1 juta pengguna di awal tahun ajaran baru 2019 optimis akan tercapai. (Sur/IP)

Editor : Redaksi

2 KOMENTAR

  1. What i don’t understood is if truth be told how you’re now not actually a lot more neatly-preferred than you might be now. You are so intelligent. You know thus considerably in terms of this matter, made me in my opinion imagine it from numerous varied angles. Its like women and men are not fascinated unless it is something to accomplish with Lady gaga! Your own stuffs great. At all times maintain it up!

  2. Hi there would you mind letting me know which webhost you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 completely different internet browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good hosting provider at a reasonable price? Thanks a lot, I appreciate it!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here