Palembang, Kirananews – Pemerintah Kota Palembang memberangkatkan 116 orang beribadah umroh di Tanah Suci Mekkah. Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, jamaah umroh ini dari berbagai profesi, antara lain petugas kebersihan, pegawai, pengurus masjid, pejabat, dan lainnya.

“Umroh mereka gratis. Pemkot yang membiayai. Tahun lalu, kouta umroh untuk Palembang sebanyak 50 orang. Tahun ini bisa kita tingkatkan jadi 116 orang,” katanya Jumat (5/4/2019) malam di rumah dinas.

Khusus untuk pejabat, ada 6 orang yang berangkat umroh melalui program aplikasi shalat subuh (SiAbuh).  “Para pejabat ini yang rajin shalat subuh. Mereka mengisi absen melalui SiAbuh,” ujar Harnojoyo.

Ia mengatakan, selain program umroh gratis, Pemerintah Kota Palembang juga bekerja sama dengan 107 ustaz di 107 kelurahan.

“Para ustaz ini yang akan mengajak, memotivasi masyarakat untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di lingkungan masing-masing. Sehingga bisa memakmurkan masjid maupun musala,” kata Harnojoyo.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palembang Reza Pahlevi mengatakan, jamaah umroh ini akan berangkat mulai besok, yakni sebanyak 53 orang. “Yang lainnya akan menyusul pada 13 April nanti. Ini dipisah karena memiliki beberapa kendala, seperti visa, dan lainnya,” kata Reza. (MC/Dio/Hid)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here