Palembang, Kirananews – Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, pihaknya bakal menambah destinasi wisata baru, yakni kuliner durian di Pasar Kuto.

“Kita akan tingkatkan fasilitasnya, sehingga kuliner durian di Pasar Kuto ini berstandar pariwisata,” kata Isnaini, Senin (18/3/2019).

Pasar Kuto, yang berlokasi di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur Tiga, selain sebagai pasar umum, juga terkenal dengan kuliner duriannya. Hingga malam, bahkan dini hari, kuliner durian tetap buka dan diminati masyarakat.

Isnaini mengatakan, ada sejumlah lapak yang beratap tenda besar di pangkal Pasar Kuto. Posisi lapak ini tepatnya berada di halaman depan rumah-rumah toko yang sudah tutup.

Kemudian di atas kotak kayu yang disusun, konsumen bisa memilih sendiri durian yang akan dimakan. Disediakan pula kursi dan meja layaknya rumah makan.

“Nanti akan ditambah fasilitasnya. Juga penataan fisik dengan penggantian tenda, meja dan kursi, rak buah, penerangan, serta kelengkapan untuk konsumen seperti parkir, keamanan, plang nama. Ini sudah ada pihak ketiga yang memberi bantuan, seperti tenda,” kata Isnaini.

Fais, pedagang durian di Pasar Kuto, menyambut baik rencana Pemkot Palembang menjadikan pusat kuliner di Pasar Kuto.

“Kami setuju jika dibenahi dan fasilitasnya ditambah. Tentu akan menarik pengunjung lebih banyak lagi. Asal kami tetap bisa jualan,” kata Fais. (IP/Ria/Hid)