Makassar, Kirananews – Walikota Bengkulu Helmi Hasan meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun 2019 kategori Pratama. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise dalam peringatan Hari Anak Nasional di Hotel Four Points, Jalan Andi Djemma No.13, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Walikota Helmi Hasan usai menerima penghargaan ini mengharapkan setiap institusi pemerintah memiliki visi yang ramah terhadap anak.

“Semua pihak harus memiliki visi yang ramah terhadap anak-anak,” kata Helmi.

Tentunya, lanjut Helmi, dengan penghargaan ini bukan semata-mata karena prestasi walikota dan wakil walikota saja, melainkan ada peran banyak pihak.

Ditambahkannya, Pemerintah Kota Bengkulu akan terus berbenah demi memberikan rasa aman bagi anak. “Bukan hanya di tingkat kecamatan dan kelurahan saja, kita berharap nanti semua taman-taman publik yang ada di Kota Bengkulu ini bisa ramah terhadap anak,” imbuhnya.

Pihak swasta di tingkat Kota, Kecamatan maupun Kelurahan juga harus memiliki visi yang ramah terhadap anak. “Jika visi kita sudah sama, maka untuk mewujudkan dan meningkatkan prestasi di tahun berikutnya Insya Allah akan lebih mudah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian dan Keluarga Berencana Kota Bengkulu Romadhan Indosman menyampaikan diraihnya penghargaan kategori Pratama ini atas kerjasama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ini semua atas kerjasama dari OPD yang ada di Kota Bengkulu seperti Dinas Perhubungan, Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan lainnya, termasuk masyarakat,” ucapnya.

Sebagai informasi, Penghargaan tingkat Nasional ini diberikan kepada Kepala Daerah yang telah menyelenggarakan kebijakan, program dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, dalam bentuk Kabupaten/Kota Layak
Anak. Pada tahun 2019 ini terjadi peningkatan peraih penghargaan dari tahun 2018 sebanyak 177 Kabupaten Kota menjadi 247 kabupaten/Kota atau meningkat sebesar 40 persen. Untuk Provinsi Bengkulu ada 4 Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan KLA ini yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kepahiang. (MC)