Purwokerto, Kirananews – Kreatif, kata ini pantas diberikan bagi Relawan Demokrasi (Relasi) Basis Warganet (Netizen) KPU Kabupaten Banyumas yang memproduksi konten sosialisasi kepemiluan dengan tema ‘Mantan Terindah’ dan langsung viral di grup media sosial.

Konten tersebut berisi ajakan memilih dan datang ke TPS pada 17 April mendatang. Dibuat menyerupai hasil screenshoot percakapan melalui aplikasi WhatsApp dengan ditambah emoticon layaknya percakapan remaja.

“Saya mengapresiasi kerja Relawan Demokrasi, khususnya Warganet. Selain sosialisasi offline atau tatap muka, sosialisasi online seperti yang dilakukan Relasi Warganet ini juga gencar dilakukan,” kata Anggota KPU Banyumas Hanan Wiyoko belum lama ini dikutip dari kpu.go.id.

Ditempat terpisah, Koordinator Relasi Basis Warganet Setia Budi Ronnie Tjahyanto mengaku terkejut desain buatannya banyak disukai oleh masyarakat. Dia mengaku membuat desain itu terinspirasi dari ajakan memilih di Pemilihan Kepala Daerah Bandung 2018 yang dipublikasikan melalui flyer. “Saya buat seolah-olahchat mantan pacar yang mengingatkan untuk datang ke TPS. Syukurlah pada suka,” tuturnya.

Memproduksi konten seperti meme tersebut merupakan salah satu bagian kerja dari Relasi Berbasis Warganet. Selain meme, anggota Relasi yang berjumlah enam orang ini juga memproduksi konten lain seperti infografis, percakapan online, dan optimalisasi medsos untuk share informasi kepemiluan. Termasuk diantaranya untuk menangkal kabar bohong atau hoaks.

Selain dirinya, lima anggota Relasi basis warganet Kabupaten Banyumas lain adalah Azizka Amalia Hasim, Mumtaazun Fadli, Revan Yogi Prawira, Salma Illa Destri Caesarli, serta Imam Dwiyogo. (hwo/diR/Tri)