Jika Anda berwisata ke Taman Pantai Berkas, sosok pencari botol bekas bernama Siti akan sering terlihat disana. Pekerjaan yang telah ia lakukan selama 15 tahun itu menjadi harapan untuk ia menyambung hidup sehari-hari.

Redaksi Kirananews.com – Kota Bengkulu

Panasnya cuaca di Kota Bengkulu siang itu tak menyurutkan semangat wanita berusia 43 tahun itu untuk mencari botol bekas. Hanya pepohonan di taman yang menjadi tempat berteduh dan penyejuk suasana. Tangan kiri Siti tampak memikul anaknya yang menemani ia mencari botol bekas. Sementara, tangan kanannya memunguti botol-botol bekas yang ada di tempat sampah.

‎Seperti seorang yang sedang mendeteksi harta karun, mata Siti tampak melihat ke segala sisi saat berjalan untuk memastikan tidak ada botol bekas yang terlewat.

Satu per satu tempat sampah yang ia temui selalu diperiksa. Wajahnya sumringah ketika di dalam tempat sampah itu ditemukan banyak botol minuman bekas.

“Saat saya mendapatkan banyak botol, itu tandanya rezeki bagi saya,” kata Siti.

Dalam melakukan pekerjaannya, Siti mengaku berkeliling mengumpul botol bekas sejak pagi hingga sore. Terkadang, satu kantong yang ia pikul terisi penuh botol bekas. Namun tak jarang hanya sedikit botol bekas yang mampu ia bawa pulang.

“Pokoknya enggak menentu,” ujarnya.

Diceritakannya, Siti menjual hasil kumpulan barang bekasnya itu seminggu sekali. Karena, ia masih harus membersihkan botol bekas itu sebelum dijual ke pengepul.

“Kalau sudah bersih, satu kilonya dijual Rp 6 ribu. Dan uang tersebut jika dikumpul dalam satu minggu cukup memberi makan anak,” kata Siti.

Siti juga mengatakan, tidak hanya dari bekerja sebagai pemulung, untuk memenuhi kehidupannya, ia juga dibantu oleh pemerintah melalui Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Bengkulu.

“Melalui PKH kami sangat terbantu setidaknya mengurangi biaya hidup dan juga beban kami,” sampainya.

Ia juga mengungkapkan, suaminya juga bekerja sebagai pemulung. Karena itu, ia mengaku sangat terbantu dengan program PKH. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota karna sudah membantu orang seperti kami,” kata siti. (**)

Kontributor: Ilham Desmiarto
Editor: Redaksi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here