Jakarta, Kirananews – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) menargetkan adanya perluasan pelayanan subsidi angkutan udara perintis pada Tahun anggaran 2020 mendatang.

Hal tersebut sejalan dengan semangat Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah, dan mewujudkan stabilitas pertahanan dan keamanan negara.

Adapun peningkatan tersebut diarahkan pada pelayanan subsidi angkutan udara perintis penumpang, pelayanan subsidi perintis kargo, dan pelayanan subsidi angkutan kargo.

“Pada Tahun anggaran 2020 direncanakan rute yang akan dilayani sebanyak 188 rute angkutan udara perintis penumpang, dan 27 rute penerbangan perintis kargo, serta 1 rute subsidi angkutan udara kargo yaitu untuk rute Timika – Wamena,” ujar Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Elfi Amir akhir pekan.

Elfi menargetkan agar per 1 Januari 2020, kegiatan ini sudah bisa berjalan dan terlaksana hingga Desember 2020.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk merealisasikan kegiatan penerbangan perintis yakni dengan percepatan pelelangan yang tidak mengikat oleh biro Layanan pengadaaan dan Barang Milik Negara Kemenhub, sehingga kegiatan pelayanan angkutan udara perintis penumpang dan kargo dapat dilaksanakan sesuai target mulai per 1 Januari 2020 mendatang,” katanya. (rl/IP)