Jakarta, Kirananews – Fenomena Supermoon akan terjadi besok malam, Selasa (19/2/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai pasang maksimum air laut.

Fenomena Supermoon besok malam akan menjadi Supermoon terbesar sepanjang 2019. Fenomena Supermoon terjadi saat bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi, yaitu di titik perigee.

Dilansir dari BMKG, posisi bulan akan berada dalam jarak 363.300 Km dari Bumi, besok malam.

Oleh karena itu, Bulan akan tampak lebih besar sekitar 14 persen dari ukuran biasanya saat purnama. Selain itu, Bulan akan terlihat lebih terang 30 persen dibandingkan saat purnama.

Dikutip dari akun resmi Instagram infobmkg, Bulan akan masuk di titik perigee (titik terdekat dari Bumi) pada pukul 16.02 WIB.

Sementara puncak Bulan purnama, akan terjadi pada pukul 22.53 WIB.

Selain Bulan tampak lebih besar dan terang, ada satu hal lain yang wajib diwaspadai masyarakat saat Supermoon besok malam.

Terutama bagi warga yang tinggal di pesisir pantai dan berprofesi sebagai nelayan.

BMKG meminta masyarakat mewaspadai pasang maksimum air laut yang terjadi pada besok malam.

Mengutip dari siaran pers BMKG, fenomena Supermoon akan memengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia.

Terutama di wilayah Pesisir utara Jakarta; Pesisir utara Jawa Barat; Pesisir utara Jawa Tengah; Pesisir utara Jawa Timur; dan Pesisir Kalimantan Barat.

Dampak pasang maksimum air laut ini dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. (Tri)

1 KOMENTAR

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why throw away your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something enlightening to read?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here