Bengkulu, Kirananews – Sebagai upaya mempercepat dan mempermudah proses pelayanan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) bagi warga Kota Bengkulu. Dinas Dukcapil Kota Bengkulu telah melakukan uji coba aplikasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam penerbitan Kartu Keluarga, Akta Lahir, dan Akta Kematian.

“Kita sudah berhasil uji coba TTE, TTE ini berbentuk barcode,” Kata Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto, Senin (11/3).

Disampaikan pula, layanan ini juga berdasarkan Permendagri Nomor 07 Tahun 2019 tentang Pelayanan Dokumen Adminduk dengan Daring.

“Uji coba penerapan TTE untuk dokumen kependudukan ini baru kami lakukan secara internal pada 5 Kartu Keluarga dan 5 Akta Kelahiran,” terang Sudarto.

Ia mengungkapkan penerapan TTE ini sudah melalui persetujuan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dengan optimalisasi seperti ini, menurutnya, akan ada peningkatan keamanan dan kemudahan administrasi. Selain itu, hal ini juga mengantisipasi pemilih ganda saat pemilu, karena satu orang hanya memiliki satu nomor induk (NIK) yang terintegrasi di server yang besar dan berlaku secara nasional. (Her/Tri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here