Semarang, Kirananews – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengajak seluruh Walikota se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) untuk dapat bersinergi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikannya usai mengikuti Welcome Dinner Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI ke XIV di The Renaissance, Jalan Bukit Panorama Jangli, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019) malam.

Disampaikan Helmi Hasan, selain isu – isu strategis yang dibahas pada Rakernas APEKSI, pertemuan Walikota seluruh Indonesia ini juga menjadi momentum melangkah bersama mensejahterakan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini kita bisa bersinergi antar kota, sehingga apa apa yang menjadi program unggulan di kota lain bisa diduplikasi. Sehingga setiap kota di Indonesia ini dapat melangkah bersama – sama menuju kepada kesejahteraan masyarakatnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Helmi Hasan juga menyampaikan beberapa program dan juga fasilitas publik yang dulunya belum dimiliki Pemkot Bengkulu ternyata dilirik oleh kota tetangga di Sumatera sebagai suatu kesuksesan Pemkot Bengkulu dalam memerhatikan warganya.

“Dulu kita belum memiliki Rumah Sakit, sekarang kita punya Rumah Sakit Harapan dan Doa. Dulu kita belum punya program Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake), sekarang program ini menjadi penyelamat ekonomi rakyat. Dan ini dilirik oleh Kota Jambi, Pemkot Jambi rencananya akan berkunjung ke Kota Bengkulu,” terang Helmi.

Sebelumnya, dalam Welcome Dinner, Walikota Semarang Hendrar Prihadi juga menyampaikan, Rakernas ini tidak hanya menjadi agenda rutin para Walikota yang tergabung dalam APEKSI untuk membahas dan menghasilkan rumusan dari isu strategis tersebut, tetapi juga menjadi ajang mengenalkan potensi daerah yang ada di Semarang.

“Kedatangan para Walikota kami harapkan juga dapat memberi efek ekonomi bagi Semarang melalui potensi daerah yang ada seperti potensi wisata, kuliner, dan lain – lainnya,” ujarnya. (rl/Tri)